Semiotika di Kehidupan Sehari-Hari

    Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda, seperti menganalisis tanda dan penerapan penandaan. Menurut ilmuan asal Amerika, Charles Sander Peirce, teori semiotika didasarkan pada logika karena logika mempelajari bagaimana orang bernalar.

    Bicara tentang semiotika, tanpa kita sadari dari suatu hal terkecil sekalipun dapat menjadi semiotika atau penanda yang ada di sekitar kita. Sebagai contoh semiotika di kehidupan sehari-hari saya adalah sepatu yang ada pada gambar di bawah ini.



    Mungkin tampak luarnya terlihat biasa saja, bahkan bisa dilihat warnanya yang mulai kekuningan akibat terlalu sering di pakai. Meski begitu sepatu sneakers merek Airwalk entah edisi apa ini punya makna tersendiri untuk saya, karena sepatu ini pemberian terakhir Bapak setahun kurang sebelum beliau meninggal dunia setelah melewati proses operasi kedua pemasangan tempurung kepala.

    Tepatnya di akhir tahun 2021, beberapa hari setelah ulang tahun saya. Saat itu Bapak mendapat rezeki lebih lalu mengajak saya bersama ibu untuk membeli sepatu baru karena tahu anaknya tidak punya sepatu jika sewaktu-waktu kuliah offline di mulai.

    Hari itu kami pergi naik kereta commuter line ke sebuah mall di kawasan Depok. Setelah beberapa saat melihat-lihat, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada sepatu putih bertali tersebut. Meski sebenarnya Bapak dan Ibu mengatakan bahwa saya boleh membeli dua sepatu untuk berganti-ganti, namun melihat kondisi keluarga saat itu membuat saya merasa satu saja sudah cukup. Hingga sekarang saya tidak pernah menyesal karena melewatkan kesempatan itu. Lebih menjadi terasa istimewa karena sepatu ini adalah sepatu yang saya dapatkan dari Bapak setelah beberapa tahun beliau tidak bekerja. Beliau tidak pernah lupa untuk menyenangkan keluarga dengan cara sederhana.

     Sampai sekarang sepatu ini masih menjadi kesayangan saya. Selain memang tidak punya sepatu lain, sepatu ini membuat saya merasa Bapak selalu ada didekat saya.

    Sebelum mengakhiri, blog ini saya buat sebagai wadah pengiriman tugas mata kuliah Kajian Seni Rupa dan Desain selama semester 4 berlangsung. Dengan semiotika sebagai materi pertama yang saya bahas.Teori semiotika yang dipopulerkan oleh Charles Sander Peirce terkenal dengan konsep teori segitiga makna atau meaning triangle dengan elemen utama, yakni tanda (sign), objek (object), dan penggunaan tanda (interpretant).

     Kesimpulannya pada cerita di atas sepatu menjadi semiotika dalam kehidupan sehari-hari saya. Dengan elemen pertama sign (tanda) merek dari sepatu tersebut yakni “Airwalk”, elemen kedua objek yakni benda yang ada dalam cerita “sepatu”, dan elemen terakhir interpretant yakni fungsi sepatu seperti biasa kita ketahui sebagai alas kaki.

       Sekian cerita semiotika dalam kehidupan sehari-hari saya. Terima kasih.

Komentar