Mitos dan Pengalaman Estetis Terkait Lagu Feby Putri - Halu


    Mungkin jika bertanya tentang makna lagu "Halu" kepada saya di awal lagu tersebut dirilis, pasti saya akan menjawabnya dengan klise, yaitu seorang pengagum rahasia yang hanya bisa menyukai seseorang dari kejauhan. Namun ketika ditelaah lebih dalam lagi, makna lagu milik Feby Putri tersebut jauh lebih rumit dari perkiraan.
    Lagu yang dirilis hampir 4 tahun lalu ini ternyata membahas tentang kehilangan. Lebih jelasnya di awal lagu tertera bahwa pada tahun 2018 tercatat sebanyak 0,67% masyarakat Indonesia mengalami gangguan proses berpikir atau disebut Skizofrenia. Skizofrenia merupakan gejala yang berpengaruh pada psikis seseorang, biasanya seseorang yang mengalami gejala tersebut akan sulit membedakan antara halusinasi dengan kenyataan.
    Setelah memaknai lagu ini lebih jauh, saya dapat memposisikan diri dengan beberapa kejadian tak terduga dari tahun lalu. Tepatnya ketika Bapak saya tiba-tiba jatuh sakit. Saat itu saya merasa semuanya tidak nyata, Bapak yang awalnya dapat berkomunikasi lancar dengan saya dan Ibu tiba-tiba harus mengalami stroke sebelah badannya dan dua kali operasi di bagian kepala. 
    Hingga perjuangan kami berakhir pada bulan november tahun lalu, tepat 10 hari sebelum saya ulang tahun beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Saat itu sama sekali tak ada tangisan yang keluar dari saya dan Ibu. Bukan karena tidak merasa kehilangan, namun kami yakin ini memang jalan yang terbaik menurut Sang Pencipta.
    Dibalik semua itu, saya tidak dapat membohongi diri. Saya rindu beliau. Terkadang saya merasa bahwa ini tidak nyata, semua ini hanya mimpi yang ketika saya terbangun semua akan kembali normal.
    Beliau tidak dapat di definisikan oleh sekedar kata. Beliau adalah definisi orang tua terbaik sepanjang masa bagi saya. Beliau dapat memposisikan diri sebagai orang tua sekaligus teman. Beliau tidak akan tergantikan.
    Begitulah pengalaman singkat saya terkait lagu Feby Putri yang berjudul "Halu" tersebut. Semua momen tentang Bapak akan saya simpan sebagai salah satu momen terbaik dihidup saya.

Komentar